Ulasan 1 - Classical Problem on Process Synchronization



               Halo blogger! Di blog kali ini saya akan mencoba mengulas sebuah video berjudul "Reader-Writer Problem: Classical Problem on Process Synchronization" dengan link https://youtu.be/vfZhdTgA5A yang berkorelasi dengan salah satu materi perkuliahan saya dalam mata kuliah Sistem Operasi mengenai proses sinkronisasi. Video ini berdurasi 8 menit 30 detik dan dibawakan oleh HowTo yang telah di-subscribe oleh lebih dari 10 ribu orang di situs Youtube sejak saya menulis ulasan ini. Diharapkan ulasan ini dapat membantu kita memahami permasalahan klasik dari proses sinkronisasi dan bagaimana cara mengatasinya.

          Video ini secara garis besar membahas permasalahan klasik yang dialami ketika kita melakukan proses sinkronisasi dalam suatu sistem operasi, yang dalam hal ini terjadi pada reader dan writer dimana reader hanya dapat melihat data dan informasi yang ditampilkan dalam komputer sedangkan writer dapat melihat dan juga memanipulasi data-data yang ditampilkan. Permasalahan yang muncul adalah ketika writer melakukan manipulasi terhadap data dan informasi, maka di saat yang bersamaan reader tidak dapat mengakses data dan informasi tersebut karena akan mengganggu jalannya proses manipulasi data yang disinkronkan. Begitupun sebaliknya ketika reader sedang melihat data dan informasi yang ada maka writer tidak diperbolehkan untuk melakukan manipulasi data. 

                Menurut saya, video ini sangat menarik karena memberikan informasi yang penting mengenai permasalahan dalam proses sinkronisasi yang dalam hal ini sering juga kita alami ketika komputer dalam proses manipulasi sebagai writer dan kita user sebagai reader, sehingga kita dapat mengetahui penyebab dari permasalahan tersebut. Video ini juga didukung dengan ilustrasi yang baik mengenai writer dan reader dalam menjelaskan permasalahan yang ada dan juga penyampaian informasi yang mudah dimengerti.

Github Account   : ifdhalsuharmitan
Url Ulasan           : http://tugasakhiros.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-1-classical-problem-on-                                             process.html
Url Video             : https://youtu.be/vfZhdTgA5A
Video Author       : HowTo
Pemetaan             : Week04
Revisi Pertama    : Selasa, 23 Mei 2017
Revisi Terakhir   :  Selasa, 23 Mei 2017





Komentar

Postingan Populer